Categories
Uncategorized

Resep Singkong Thailand Yang Gurih Dan Enak

 

 

Makanan yang terbuat dari singkong selalu menjadi idola masyarakat Indonesia. Bahan makanan tersebut mudah ditemui di sekitar kita, dan bahkan dijual dengan harga yang cukup murah di pasar. Tak hanya itu, singkong sebenarnya sangat mudah untuk ditanam sendiri di pekarangan rumah.

Salah satu jenis makanan yang terkenal serta terbuat dari singkong adalah Singkong Thailand. Eits, singkong ala Thailand adalah jenis makanan dan bukan jenis singkong. Bagi anda yang ingin membuat sendiri Singkong Thailand, artikel berikut ini akan membantu anda!

 

Resep Singkong Thailand Yang Mudah

Bahan utama yang diperlukan untuk membuat masakan Singkong Thailand adalah singkong, tentu saja. Anda bebas menggunakan jenis singkong yang anda sukai. Jika singkong yang akan dipakai berukuran besar, potong-potonglah menjadi kecil sesuai yang diinginkan.

Pada proses persiapan, kupas semua singkong dari kulitnya dan bersihkan dari tanah yang masih menempel. Setelah itu, cuci singkong dengan air bersih yang ditempatkan pada wadah agak besar. Setelah itu, keringkan singkong hingga tidak lagi meneteskan air.

Didihkan air sebanyak 1 liter pada panci, tunggu hingga air mengeluarkan banyak gelembung. Setelah itu, masukkan singkong yang telah dikupas dan dipotong sesuai dengan ukuran yang diinginkan ke dalam air mendidih. Tak cukup singkong saja, masukkan daun pandan ke dalam panci untuk menambah harum aroma singkong. Tambahkan sedikit garam untuk membuat singkong terasa sedikit asin.

Jika semua bahan tersebut dimasukkan ke dalam panci, jangan lupa untuk menutup panci hingga singkong matang. Tidak ada patokan waktu yang digunakan untuk merebus singkong hingga mendidih, cukup rebus hingga singkong berubah menjadi empuk. Setelah itu masukkan gula sekitar 150 gram dan aduk air rebusan hingga mengental.

Singkong Thailand membutuhkan saus santan sebagai pelengkapnya. Untuk membuatnya, siapkan santan sebanyak kurang lebih 500 ml. Rebus santan tersebut bersama dengan garam sebanyak ½ sendok teh. Tunggu dan terus aduk hingga mendidih.

Ambil wajan yang lain, larutkan tepung sagu dengan santan hingga tercipta tekstur agak kental. Lalu masukkan santan yang pertama anda buat seluruhnya. Sebagai langkah penyajian, masukkan singkong ke dalam mangkuk dan bubuhkan kuah santan sebagai pelengkap.

Sajian ini sangat lezat jika disantap bersama keluarga ketika berpuasa atau hari sedang hujan, karena mampu menghangatkan organ pencernaan. Sajian ini pun juga bisa dipergunakan untuk menyambut para tamu. Selamat menikmati.