Categories
Kesehatan Pengetahuan

Olahraga Mengecilkan Perut

Memiliki perut buncit kadang membuat seseorang tampil dengan tidak percaya diri. Karena itulah banyak orang yang melakukan program diet dan mengkonsumsi obat yang dapat mengecilkan perut buncit.

Meskipun cara di atas dapat mengecilkan perut seperti yang diinginkan, alangkah baiknya kita melakukannya dengan olahraga. Selain dapat mengecilkan perut, juga akan membuat badan lebih sehat dan bugar.

Lalu olahraga seperti apa yang dapat mengecilkan perut untuk Pecinta Olahraga? Yuk simak penjelasan kami di bawah ini.

Macam-macam Olahraga Untuk Mengecilkan Perut

Side Plank

Langkah yang harus anda lakukan ketika berolahraga dengan gerakan side plank adalah berbaring pada sisi kanan tubuh dengan menggunakan tangan kanan untuk menahan beban badan.

Sedangkan tangan kiri anda letakkan di bagian pinggang, kemudian angkat pinggul ke atas. Tahan gerakan ini selama 30-45 detik, dan ulangi gerakan ini hingga 10-15 kali dalam satu sesi.

Crunches

Untuk melakukan gerakan crunches, anda harus berbaring dengan posisi kaki ditekuk hingga membentuk sudut 90 derajat dan kedua tangan diletakkan di belakang kepala.

Angkat kepala dan tubuh bagian atas, serta gunakan otot punggung untuk mendorong dan otot perut untuk menarik tubuh. Jangan lupa untuk mengatur nafas ketika melakukan gerakan crunches.

Corkscrew

Posisi awal tubuh adalah berbaring atau terlentang dengan kedua kaki yang terangkat ke atas, dan lutut agak ditekuk sedikit. Posisi kedua tangan lurus dan berada di samping tubuh.

Angkat pinggul dengan memberikan gerakan sedikit memutar dan tahan selama 3 detik, lalu kembalikan tubuh seperti posisi semula. Gunakanlah otot perut untuk melakukan hal tersebut.

Sit Up

Posisikan tubuh dalam keadaan terlentang, kedua tangan ditekuk dan ditaruh di belakang kepala, serta lutut ditekuk. Selanjutnya, angkat badan hingga mendekati lutut, lalu posisikan tubuh kembali seperti semula.

Lakukan sit up hingga 30 kali dalam satu sesi, dan juga lakukan secara rutin, minimal sekali dalam satu hari.

High Knees

Gerakan high knees hampir sama dengan gerakan lari di tempat. Bedanya, dengan gaya high knees ini anda harus mengangkat kaki setinggi mungkin dalam posisi ditekuk. Lakukan dengan secepat mungkin.

Lakukan gerakan tersebut secara rutin dan imbangi olahraga ini dengan makanan yang sehat. Dengan begitu, perubahan pada perut akan lebih cepat terjadi.

Half Plank

Posisi semula tubuh adalah full plank, kemudian lengan ditekuk dan tubuh harus sejajar serta tidak boleh naik. Tahan posisi tersebut selama mungkin, karena ini akan melatih otot perut.

Bicycle Crunch

Posisikan tubuh dalam keadaan telentang dan menaruh kedua tangan di belakang kepala. Tekuk kaki kanan dan kaki kiri dalam posisi lurus dan mengambang. Kemudian pertemukan antara siku kanan dan kiri.

Gerakan ini mirip dengan olahraga bersepeda dengan kombinasi gerakan crunch, yang mana anda harus menekuk badan sehingga menekan otot perut.

Plank Hops

Posisikan tubuh dalam keadaan full plank, lalu bawa tubuh ke posisi jongkok. Pada saat posisi full plank, anda harus bersiap-siap untuk lompat dan menarik kaki ke posisi jongkok. Lakukanlah sebanyak mungkin.

Extension Crunch

Cara melakukan gerakan extension crunch, anda harus duduk dan menaruh kedua tangan di atas matras. Kemudian meluruskan dan menekuk kedua kaki secara bergantian, tetapi jangan sampai kaki menyentuh matras.

Plank Jacks

Gerakan plank jacks merupakan gabungan dari dua gerakan, yaitu full plank dan jumping jacks. Posisi punggung dan pantat harus sejajar dan tidak boleh menekuk. Kedua kaki melebar dan merapat secara bergantian dengan memberi sedikit lompatan..

Mountain Climber Twist

Yang harus dilakukan dari gaya twist adalah memposisikan tubuh dengan postur mirip gaya full plank atau bisa juga push up. Kedua tangannya menopang berat badan dan kaki lurus ke belakang. Kaki yang satu ditarik ke depan sampai perut atau dada dan kaki satunya tetap lurus.

Misal anda menarik kaki kanan ke depan dan putar kaki ke arah kiri, atau sebaliknya. Lakukan dengan perlahan-lahan dan pastikan punggung dan pantat lurus sejajar dengan postur plank

Reverse Crunch

Untuk berolahraga dengan gaya reverse crunch, anda harus berbaring di atas matras kemudian mendorong kedua kaki semaksimal mungkin sampai bagian belakang akan tetapi tidak sampai menyentuh lantai atau matras. Gaya ini hampir mirip dengan roll belakang.

Leg Raises

Cara melakukan leg raises adalah dengan mengangkat kedua kaki secara bersamaan. Kemudian turunkan kaki secara perlahan dan tidak menyentuh lantai atau matras.

Jika cara tersebut sulit untuk dilakukan, anda bisa mencobanya dengan menaruh telapak tangan di belakang pantat agar memudahkan anda ketika mengangkat kaki.

Flutter Kicks

Untuk mempraktikkan gerakan flutter kicks, anda harus memposisikan tubuh dalam keadaan telentang. Angkat kaki kanan dan kiri secara bergantian ke atas dan ke bawah.  Ketika kaki berada di bawah, usahakan kaki tidak sampai menyentuh lantai atau matras.

Kencangkan otot perut ketika mengangkat kaki, agar lemak di dalam perut dapat terbakar.