Categories
Islam

Penting Banget! Inilah Beberapa Hadits tentang Kebersihan

Ada banyak sekali hadits tentang kebersihan yang diajarkan kepada kita baik, kebersihan diri maupun lingkungan sekitar. Anda juga tentu tahu bahwa Islam mengajarkan umatnya untuk bersuci atau berwudhu dengan cara membersihkan dan membasuh anggota tubuh dengan air mengalir.

Ajaran Islam tentang kebersihan dan bersuci memiliki tujuan agar kita selalu hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Seperti diketahui, lingkungan yang kotor akan mendatangkan banyak penyakit. Begitu juga dengan hati yang kotor, akan selalu mendatangkan penyakit hati seperti iri, dengki, sombong, dan lain-lain. Jadi, sudah seharusnya kita mencari ilmu tentang kebersihan diri, hati, dan lingkungan.

Inilah Kumpulan Hadits tentang Kebersihan

Islam adalah agama yang mulia dan selalu mengajarkan kita untuk bersikap baik, termasuk menjaga kebersihan. Bahkan, perkara kecil seperti membuang sampah juga sudah ada aturannya, yaitu jangan membuangnya secara sembarangan.

Agama Islam menuntut umat muslim untuk bersungguh-sungguh dalam menjaga kebersihan. Mengenai hal itu, berikut ini beberapa hadits tentang kebersihan yang perlu diketahui.

  1. Kebersihan Dapat Menghindarkan dari Bahaya

Tidak membuang sampah sembarang juga bisa dikatakan sebagai upaya untuk menghindarkan orang lain dari bahaya. Sampah yang dibuang sembarangan bisa saja mencelakakan orang di jalanan atau bisa menjadi sumber penyakit bagi orang lain. Rasulullah bersabda:

Janganlah memulai memberikan bahaya kepada orang lain, jangan pula membalas memberi bahaya”. (HR. Malik secara mursal).

Kita dilarang untuk memberikan bahaya kepada orang lain, salah satunya membuang sampah yang dapat menyebabkan orang lain mengalami kesusahan. Daripada membahayakan orang lain, lebih baik biasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya agar tidak jadi sumber celaka atau penyakit.

  1. Allah Mencintai Kebersihan

Hadits tentang kebersihan lainnya juga disebutkan At Tirmidzi dan lainnya. Rasulullah bersabda:

Sesungguhnya Allah itu baik dan menyukai yang baik, Allah itu bersih dan mencintai kebersihan, Allah itu Maha Pemberi dan mencintai sifat suka memberi, Allah itu Maha Pemurah dan menyukai kedermawanan. Maka bersihkan halaman rumahmu dan terasmu, jangan meniru orang Yahudi.” (HR. At Tirmidzi)

Menurut hadits tersebut, Allah mencintai kebersihan dan jika bisa membiasakan diri untuk hidup bersih, maka Allah juga akan mencintai kita. Lagi pula, hidup bersih juga bisa mengantarkan kita kepada lingkungan yang sehat dan terhindar dari penyakit.

Perilaku Hidup Bersih yang Disarankan Islam

Hadits-hadits di atas menunjukkan bahwa Islam sangat peduli pada masalah kebersihan. Nah, untuk dapat meneladani sikap cinta terhadap kebersihan, Anda bisa menerapkan beberapa perilaku hidup bersih di bawah ini.

  • Menjaga Kebersihan dan Kesucian

Islam mengajarkan kita untuk selalu menjaga kesucian dan kebersihan diri maupun pakaian yang dikenakan. Jadi, pakaian juga harus dicuci bersih dengan air, sedangkan kesucian diri bisa dilakukan dengan cara berwudhu. Bersuci juga disebutkan sebagai setengah dari keimanan. Keimanan akan membersihkan kotoran batin dan air akan membersihkan kotoran lahir.

  • Mandi Rutin Setiap Hari

Terdapat hadits tentang kebersihan dari Ibnu Hibban dan Bukhari yang menyebutkan bahwa setiap muslim wajib mandi setiap hari. Mandi yang dimaksud yaitu membersihkan diri dari kotoran dengan air pada bagian kepala dan badan. Sementara itu, pada hari Jumat, kaum muslim disunahkan mandi besar untuk membersihkan diri sebelum berangkat untuk menunaikan sholat Jumat.

  • Membersihkan Kotoran dan Bakteri

Membersihkan kotoran dan bakteri merupakan fitrah yang terbagi atas lima fitrah, meliputi khitan atau sunat, menghabiskan bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, memotong kuku, dan menipiskan kumis. Hal ini dijelaskan pada salah satu hadits yang diriwayatkanBukhari dan Muslim.

  • Mencuci Tangan Setelah Bangun Tidur

Dalam Islam, Anda juga dianjurkan untuk selalu mencuci tangan sebelum melakukan sesuatu karena tangan merupakan tempat kuman dan kotoran. Dalam sebuah hadits juga disebutkan Anda harus mencuci tangan setelah bangun tidur karena Anda tidak tahu di mana tangan Anda berada selama tidur (tidak sadar).

  • Membersihkan Mulut

Ada pula hadits tentang kebersihan mulut dan gigi, yaitu dianjurkan untuk bersiwak, terutama ketika hendak sholat. Menurut hadits riwayat Ahmad, Rasulullah bersabda bahwa siwak akan membersihkan mulut dan mendatangkan keridaan dari Allah Subhanahu wa ta’ala.

  • Menjaga Kebersihan Lingkungan

Selain menjaga kebersihan diri sendiri, kita juga harus menjaga kebersihan lingkungan agar tidak menimbulkan penyakit bagi orang sekitar. Terdapat beberapa hadits yang melarang umat Islam untuk buang hajat atau kencing di tempat yang dilewati saudaranya. Termasuk di dalam menjaga kebersihan lingkungan adalah menghindari buang sampah di tempat yang tidak seharusnya.

Itulah kumpulan hadits tentang kebersihan yang dikutip dari al-fikry.com semoga membawa manfaat kepada kehidupan Anda sendiri dan lingkungan sekitar. Hidup bersih memang harus menjadi salah satu kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari sehingga kita selalu sehat dan terhindar dari penyakit.