Categories
Resep

Cara Membuat Bubur Sumsum yang Lezat

Sebagai orang Indonesia pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bubur sumsum. Bubur sumsum menjadi salah satu makanan tradisional di Indonesia yang banyak digemari. Selain menyajikan rasa yang nikmat juga memberikan manfaat bagi kesehatan sistem pencernaan dan kekebalan tubuh.

Selain dijadikan sebagai cemilan atau kudapan, bubur sumsum ini sering kali anda temu ketika ada acara atau upacara adat. Acara yang sering menggunakan bubur sumsum adalah ketika ada acara syukuran kelahiran bayi, acara selamatan, pernikahan, dan masih banyak acara lainnya.

Selain digunakan untuk berbagai acara tersebut bubur sumsum juga sudah banyak dijual dipasaran. Bubur sumsum ini sangat cocok dimakan untuk sarapan pagi. Terbuat dari bahan alami dan tanpa bahan pengawet membuat bubur ini sangat baik untuk sistem pencernaan manusia.

Manfaat mengkonsumsi bubur sumsum

Pixabay.com

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan ketika mengkonsumsi bubur sumsum. Selain menawarkan rasa yang enak juga sangat baik untuk kesehatan. Bubur ini merupakan sebuah olahan yang berbahan baku tepung beras, pandan, dan santan. Sementara untuk penyajian ditambahkan gula jawa yang sudah dicairkan sebagai pemanis.

Bahan-bahan utama yang digunakan untuk membuat bubur sumsum ini ternyata memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Salah satu manfaat yang bisa anda rasakan adalah mendapatkan sumber energi.

Bubur yang kaya energi ini sangat cocok untuk anda konsumsi setiap pagi. Tentunya bertujuan sebagai sumber energi tubuh. Bubur sumsum ini memiliki tekstur yang lembut dan mengenyangkan. Hal ini pun anda yang membuat anda memiliki banyak energi untuk menjalankan aktivitas.

Selain itu mengkonsumsi bubur sumsum juga memberikan manfaat untuk kesehatan sistem pencernaan. Tepung beras menjadi bahan utama yang kata akan nutrisi, serat, dan vitamin yang baik untuk tubuh. Sehingga hal inilah yang membuat orang percaya kalau bubur sumsum ini sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan kesehatan usus.

Selain itu tepung beras ini memang kaya akan karbohidrat yang bisa anda jadikan sebagai pengganti nasi. Terdapat kandungan santan ini juga sangat baik untuk meningkatkan energi karena mengandung lemak tak jenuh. Selain itu juga baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan sistem imun.

Santan disini berfungsi sebagai antivirus atau anti bakteri yang bisa gunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti radang tenggorokan. Sementara gula jawa cair selain sebagai pemanis alami juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bubur sumsum ini juga sangat cocok dikonsumsi oleh bayi sebagai makanan pendamping ASI yang nikmat dan bergizi. Bubur organik ini memang dipilih karena terbuat dari bahan-bahan alami yang sangat baik untuk tumbuh kembang bayi. Sehingga daripada anda menggunakan bubur instan akal lebih baik menggunakan bubur sumsum yang kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Cara Membuat Bubur Sumsum yang Mudah dan Nikmat

Pixabay.com

Setelah anda mengetahui beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari bubur sumsum. Saat ini akan dijelaskan mengenai cara membuat bubur sumsum yang mudah dan nikmat. Memang bubur sumsum yang terkenal lembut ini memiliki aroma yang khas dan nikmat bisa anda jadikan sebagai alternatif sebagai sajian keluarga.

Banyak orang memilih mengkonsumsi bubur sumsum sebagai santapan pagi. Menawarkan tekstur yang lembut dan gurih serta wangi membuat orang ingin segera memakannya. Sebenarnya proses pembuatan bubur ini sangat sederhana, namun anda perlu memperhatikan agar menghasilkan tekstur yang lembut secara merata. Selengkapnya silahkan simak beberapa cara membuat bubur sumsum sederhana.

Apabila anda ingin membuat bubur sumsum secara sederhana maka silahkan siapkan bahan-bahan berikut ini:

  • Daun pandan 6 lembar
  • Tepung beras 100 gr
  • Garam 1 sdt
  • Santan 800 ml

Setelah bahan-bahan yang digunakan sudah tersedia maka selanjutnya silahkan ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Langkah pertama silahkan menyiapkan santan 600 ml yang dibagi menjadi 2 gelas
  • Silahkan merebus 1 gelas santan dengan daun pandan 5 lembar. Pastikan anda merebus dengan api yang kecil dan sambil diaduk-aduk agar merata.
  • Setelah itu silahkan masukkan 1 gelas santan pada adonan tepung beras. Silahkan sambil diaduk agar merata dan tidak muncul gumpalan.
  • Tambahkan garam 1 sdt
  • Setelah itu silahkan campur adonan tersebut dengan santan yang sebelumnya sudah dirubus. Terus lakukan pengadukan agar bubur nantinya tidak menggumpal.
  • Ketika semua sudah dirasa tercampur maka silahkan matikan apinya. Kemudian anda cincang gula merah dan rebus lagi dengan nyala api kecil.
  • Setelah itu silahkan masukkan lagi daun pandan pada rebusan dan aduk hingga merata.
  • Sisa santan 200 ml silahkan anda rebus yang nantinya akan anda gunakan sebagai kuahnya.
  • Langkah penyajiannya juga sangat mudah dan sederhana. Silahkan anda tuangkan bubur sumsum dengan kuah santan yang sudah anda siapkan makan bubur pun sudah siap untuk dihidangkan.

Demikianlah penjelasan mengenai cara membuat bubur sumsum sederhana yang beraroma khas yang nikmat dan lezat. Tentunya dengan berbagai manfaat yang dihadirkan membuat banyak orang suka mengkonsumsi bubur sumsum. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda untuk membuat bubur.