Categories
Kesehatan

Apa yang dimaksudĀ  K3?

Apa yang dimaksud dengan K3? Pada artikel kali ini, akan mengulas tentang K3. K3 sendiri sebenarnya sebuah istilah atau singkatan yang lumrah terdengar dari dunia kerja.

Pengertian K3

K3 (singkatan dari keselamatan, kesehatan dan keselamatan kerja) adalah bidang yang berkaitan dengan keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan orang yang sedang bekerja di lokasi proyek atau sebuah institusi.

Pembagian arti K3

Secara khusus, arti K3 bisa dibagi menjadi dua. Yakni yang pertama, arti K3 secara keilmuan dan yang kedua, pengertian K3 secara filosofis.

Arti K3 secara keilmuan :

Dalam pengertian ilmu pengetahuan, serta aplikasinya dalam rangka berusaha cegah terjadinya penyakit, dan kecelakaan akibat kerja.

Arti K3 secara filosofis

K3 secara filosofis adalah sebuah upaya yang diterapkan guna pastikan kesempurnaan dan keutuhan jasmani, maupun rohani bagi tenaga kerja Secara khusus dan pada masyarakat pada umumnya, tujuan untuk melindungi hasil karya dan budaya menuju masyarakat yang makmur dan adil.

Penerapan K3 di dunia kerja

Semua badan usaha, atau perusahaan wajib menerapkan keamanan, kesehatan dan keselamatan kerja (K3) untuk lindungi semua stakeholder yang terlibat di proses pekerjaan tersebut. Kewajiban menerapkan K3 diatur dalam Undang undang Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003 pasal 87.

Definisi K3 menurut para ahli

 

Para ahli juga telah mendefinisikan K3. Berikut ini definisi K3 menurut mereka (para ahli).

Definisi K3 menurut Ardana

K3 menurut Ardana, merupakan sesuatu usaha perlindungan untuk tenaga kerja dan juga untuk orang lain di tempat kerja. Agar sehat dan selamat sehingga setiap produksi bisa dipakai dengan efisien dan aman.

Definisi K3 menurut Flippo

Definisi K3 menurut Flippo, merupakan sebuah pendekatan yang tentukan standar spesifik dan juga menyeluruh. Penentuan kebijakan pemerintah atas praktek perusahaan di lokasi kerja, serta pelaksanaanya lewat surat panggilan, sanksi denda dan lain lain.

Definisi K3 menurut Hadiningrum

Hadiningrum mendefinisikan K3 sebagai suatu pengawasan terhadap mesin, material, SDM, dan metode yang meliputi lingkungan kerja. Agar tak alami kecelakaan.

Definisi K3 menurut widodo

Sedangkan menurut Widodo, K3 merupakan bidang yang berkaitan dengan keselamatan, kesehatan dan juga kesejahteraan manusia, yang bekerja di suatu lokasi proyek maupun bekerja sebuah institusi.

Definisi K3 menurut Mathias dan Jackson

Menurut Mathias dan Jackson, definisi K3 yakni, aktivitas yang jamin terbentuknya kondisi kerja aman, terhindar dari gangguan mental maupun fisik lewat pelatihan dan pembinaan, kontrol dan pengawasan terhadap tugas dari karyawan serta pemberian bantuan sesuai aturan berlaku. Baik dari perusahaan tempat ia bekerja maupun dari pemerintah.

Definisi K3 menurut WHO (World Health Organization)

Definisi K3 menurut WHO yakni usaha yang tujuannya untuk meningkatkan dan memelihara derajat kesehatan mental, fisik, sosial setinggi tingginya bagi pekerja di semua jenis pekerjaan. K3 juga didefinisikan sebagai pencegahan gangguan kesehatan yang disebabkan kondisi pekerjaan. Dan sebagai upaya perlindungan bagi pekerja dari risiko karena faktor yang merugikan kesehatan.

Fungsi K3

K3 punya fungsi bermanfaat yang banyak. Baik untuk pekerja, maupun bagi perusahaan itu sendiri. Berikut ini beberapa fungsi umum K3 :

Untuk pedoman lakukan penilaian dan identifikasi adanya risiko berupa bahaya bagi kesehatan dan keselamatan di lingkungan kerja.

K3 bantu beri saran dalam perencanaan, proses organisir, desain lokasi kerja, hingga pelaksanaan kerja.

Dijadiian pedoman untuk pantau keselamatan dan kesehatan pekerja di lokasi kerja.

K3 beri saran tentang edukasi, pelatihan, hingga informasi keselamatan dan kesehatan kerja.

K3 dijadikan pedoman merancang metode, prosedur dan program pengendalian bahaya.

Dijadikan acuan mengukur efektivitas suatu tindakan pengendalian bahaya dan program pengendalian bahaya.

Tujuan K3

K3 diatur dalam Undang undang No.1 tahun 1970 tentang keselamatan kerja. Menurut Undang undang ini, K3 bertujuan untuk cegah kecelakaan, dan sakit karena risiko kerja. Selain itu, K3 ini juga bertujuan melindungi seluruh sumber produksi agar bisa dipakai secara efektif.

Berikut tujuan dan fungsi K3 secara umum :

K3 bertujuan Pelihara dan lindungi keselamatan dan kesehatan pekerja, demi tingkatkan produktivitas mereka.

K3 bertujuan jaga dan pastikan kesehatan dan keselamatan seluruh orang di lingkungan kerja.

K3 bertujuan memastikan seluruh sumber produksi terjaga baik, sehingga bisa dipakai dengan efisien dan aman.

Fungsi dan peran K3 di dalam perusahaan

Berikut ini peran dan fungsi K3 di lingkungan kerja/perusahaan :

Tiap pekerja punya hak mendapatkan perlindungan kesehatan dan keselamatan demi kesejahteraan dan tingkatkan produktivitas.

Semua orang di lingkungan kerja dijamin keselamatannya.

Semua sumber produksi dipakai dengan aman dan efisien.

Perusahaan harus antisipatif dalam rangka kurangi risiko penyakit akibat kerja, dan kecelakaan.

Ruang lingkup K3

Ruang lingkup K3 dengan mempertimbangkan definisi K3 diatas, sehingga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan perusahaan dalam aplikasikan K3, yaitu :

1. Lingkungan kerja

Lingkungan kerja merupakan lokasi para tenaga kerja bekerja. Lingkungan kerja harus layak baik suhu, penerangan, situasi dan ventilasinya. Ini untuk mengurangi potensi risiko penyakit atau kecelakaan kerja.

2. Bahan dan Alat Kerja

Bahan dan alat kerja yang diperlukan sebuah perusahaan untuk produksi barang dan jasa harus lengkap dan baik, tidak rusak sebab penentu dalam produksi.

3. Metode kerja

Ruang lingkup K3 dalam perusahaan juga memperhatikan metode kerja. K3 mengharuskan suatu perusahaan punya standar cara kerja, yang diterapkan para pekerja agar pekerjaan tercapai secara efisien dan efektif dan kesehatan serta keselamatan terjaga dan terlindungi. Sebagai contoh, pengetahuan mengenai cara menggunakan alat dan mesin pelindung diri standar